Informasi SMW Batam

Senin, 29 Januari 2018

Mengalah




Mengalah 

Apa itu mengalah ?
mengalah adalah tidak memaksakan kehendak atau keinginan kita kepada orang lain.

Apakah mengalah itu merugikan diri kita ?
tidak merugikan kita.

Mengapa tidak merugikan kita ?
Mengalah bukan berarti kalah.Mengalah adalah kemenangan bagi jiwa yang berkualitas tinggi.Seorang dianggap kalah bukan berarti tidak mampu untuk bersaing.Namun justru orang yang demikian mampu mengendalikan pikiran dan jiwanya agar tidak bersifat seperti kekanak-kanakan.Orang yang mampu mengalah berarti mampu mengendalikan emosinya pada titik ketenangan jiwa.

Justru bagi orang yang selalu ingin menang sendiri adalah orang yang kalah dalam mengendalikan pikiran dan jiwanya.Orang yang demikian cenderung suka berdebat meski tidak memiliki alasan yang akurat.Lebih memilih ngeyel demi mendapatkan kemenangan bagi dirinya sendiri.Tak peduli dengan pendapat umum yang kadang justru bertentangan dengan pola pemikirannya.Dia selalu menganggap bahwasanya selalu benar kapanpun dan dimanapun.Orang yang seperti itu lebih banyak berbicara ngawur tanpa didukung oleh kejelasan fakta.

Dalam peribahasa bahasa Tionghua mengatakan begini "退一步海阔天空" . Semoga kita menjadi pribadi dewasa yang mengalah karena kemenangan dalam mengontrol hati dan pikiran.Sebab orang yang pandai mengendalikan hati dan pikirannya adalah orang yang cemerlang dengan segudang iman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hanya butuh 1 menit untuk membaca

kita tinggal di ?
kita hidup di ?
kita bisa makan karena ada ?
kita bisa minum karena ada ?
jawabannya adalah bumi ☺

Bumi yg indah ini penuh dengan berbagai pemandangan alam yg indah tetapi keindahannya tdk akan kita lihat lagi, jika keindahan itu kita rusak dan tidak kita jaga.

sama juga dengan berbagai hasil bumi dan sumber daya alam yg ada, jika tdk kita jaga dan hargai semuanya tentu juga akan hilang dan tdk akan bisa kita nikmati lagi.

oleh sebab itu kita harus saling mengingatkan supaya pikiran, ucapan dan perbuatan kita selalu terjaga dengan baik. kalau pikiran, ucapan dan perbuatan terjaga dengan baik tentu kebijaksanaan akan berkembang. Dengan begitu kebijaksanaan hati untuk menjaga bumi, merawat bumi tentu menjadi ada.

mari kita jaga bumi ini
dengan begitu kehidupan kita tetap bertahan ☺

☺ terima kasih sudah baca , like, berkomentar dan share

Pancadhamma

lima kewajiban kita

1. Menyayangi semua bentuk kehidupan ( Metta-karuna )
2. Suka berdana atau bersedekah
3. Berpuas hati
4. Berbicara Jujur
5. Menjaga penyadaran dengan tidak mencoba narkoba dan miras