Informasi SMW Batam

Minggu, 03 Maret 2019

Hidup Yang Bahagia

Hidup Yang Bahagia 
Oleh Sugianto, S.Pd. B

Apakah kamu sudah bahagia ?
bisa Anda jawab setelah selesai membaca artikel ini. 

Apakah Bahagia itu ? 
menurut KBBI 
bahagia/ba·ha·gia/ 
1 n keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan): -- dunia akhirat; hidup penuh --; 
2 aberuntung; berbahagia: saya betul-betul merasa -- karena dapat berada kembali di tengah-tengah keluarga;


Bahagia dalam konsep Agama Buddha 

Pikiran adalah pelopor dari segala sesuatu, pikiran adalah pemimpin, pikiran adalah pembentuk.
Bila seseorang berbicara atau berbuat dengan pikiran murni, maka kebahagiaan akan mengikutinya bagaikan bayang-bayang yang tak pernah meninggalkan  bendanya. 
Dhammapada I Yamaka-Vagga 2
Dipandang dari Agama Buddha, Kebahagiaan bukanlah berarti harta dan tahta. Agama Buddha mengajarkan bahwa sesungguhnya kebahagiaan itu adalah saat di mana seseorang bisa mengendalikan pikirannya.
Pikiran manusia sangatlah liar, bagaikan  seekor ikan yang dikeluarkan dari air dia akan selalu menggelepar, oleh karena itu Agama Buddha mengajarkan kita untuk bermeditasi agar manusia bisa mengendalikan pikiran dan meningkatkan kesadaran.
Secara garis besar kalau ditinjau dari bahasa mandarin kebahagiaan terbagi dua, yaitu
  1. 快乐 - kuai le ,快diartikan cepat  dan ( 乐) le diartikan kebahagian, (快乐)bisa diartikan kebahagiaan atau kesenangan yang dirasakan sesaat, sangat cepat untuk dilupakan. Contohnya hiburan indrawi seperti nyanyian; tarian yang semata-mata kita nikmati sesaat itu saja.
  2. 安乐(an le ) ; 安 diartikan aman/tenang ( 乐) le diartikan kebahagiaan ,  安乐bisa diartikan kebahagiaan atau kesenangan yang bersifat aman dan tenang. Contohnya baca paritta dan meditasi yang bisa membuat batin dan pikiran kita bahagia, yang sifatnya lebih lama karena telah tertanam ke dalam batin.
Dari definisi di atas kita bebas memilih: kebahagiaan mana yang kita lebih perlu?, kebahagiaan sesaat atau kebahagiaan yang bisa ditanamkan di batin kita?
yuk, kita lanjutin bacanya biar lebih memahami.
Bagaimana supaya bisa bahagia ?
supaya bisa bahagia pertama kita harus berintropeksi diri. Bertanya kepada diri sendiri dan mencari penyebab ketidak bahagiaan tersebut. umumnya ketidak bahagiaan kita disebabkan oleh :

1. Lobha yaitu ketamakan kita
2. Moha yaitu kebodohan batin kita
3. Dosa yaitu kebencian yang ada dalam diri kita

Setelah kita tahu sebabnya, yang Anda lakukan selanjutnya adalah : 
1. Melatih diri untuk bisa bersyukur , berterima kasih dengan apa yang telah dimiliki

2. Melatih diri untuk memiliki kebijaksanaan sehingga bisa membedakan antara bajik dan batil. Dengan memiliki kebijaksanaan, akan berpikir positif bahwa segala kemelekatan merupakan penyebab penderitaan. 

Bisa dimulai dari sering mendengarkan Dhammadesana, membaca buku darma, bermeditasi, melakukan puja bakti serta selalu bertobat.

3. Melatih diri untuk memiliki hati yang penuh cinta kasih kepada semua makhluk.  Bisa dimulai dengan selalu berpikir positif dan selalu mendoakan orang lain. Biasa kita sebagai umat Buddha mengakhiri doa kita dengan mengucapkan Sabbe Satta Bhavantu Sukkhitatta artinya semoga semua makhluk berbahagia. Sadhu 3x

Pembiasaan perlu kita lakukan supaya kebahagiaan itu selalu tertanam pada diri kita
Dengan menerapkan Damma dalam kehidupan sehari-hari kita.
seperti memakai jam kebahagiaan. Di jam kebahagiaan tercantum 12 kata positif yang bisa kita jadikan sebagai pemotivasi. 12 kata jam kebagiaan dan penjelasannya sebagai berikut : 










 Jadi, bahagia itu milik siapa ? :) 
Bahagia itu adalah milik hati kita sendiri, bahagia adalah anugrah dari-Nya, bahagia itu ada dalam diri kita sendiri, bahagia itu adalah hati kita sendiri yang ciptakan, hati kita sendiri yang menanamkannya dan menetapkan bahwa kita layak bahagia, bukan dengan fokus pada kekurangan kita dan membanding bandingkannya dengan orang lain.

Jadi, sebenarnya apa itu Definisi Bahagia ? Bahagia adalah ketika kita bisa mensyukuri segala nikmat-nikmat yang setiap hari, setiap detik kita rasakan dan kita lalui, yang mungkin tanpa kita sadari nikmat nikmat itu adalah kebahagiaan yang sesungguhnya.

 Definisi kebahagiaan bagi tiap orang memang berbeda. Ada yang baru merasa bahagia dengan memiliki banyak uang, bisa belanja apapun yang diinginkan, atau malah cukup bisa bahagia kalau melihat orang terdekatnya bahagia. Dan ukuran kebahagiaan bagi setiap orang juga jelas berbeda.



Sebenarnya kebahagiaan nggak cuma soal kepuasan materi saja. Ada hal-hal ini yang sebenarnya bisa dengan mudah menciptakan kebahagiaan, namun seringnya tak kamu sadari saja.

1. Bisa sehat dan melakukan aktifitas seperti biasa saja seharusnya sudah bisa membuatmu terus bersyukur dan bahagia selalu

2. Pengalaman adalah guru yang paling baik. Jadi, saat kita mendapat banyak pengalaman baru di situlah bahagia tertuju

3. Memiliki ketakutan yang mengganjal, tentu membuat nggak nyaman. Dan ketika kamu bisa menaklukannya, kebahagiaanmu pasti tak terkira

4. Punya keluarga yang super sibuk memang bikin rindu. Saat kamu punya kesempatan berkumpul dengan mereka, rasanya tidak ingin hari cepat berlalu

5. Tertawa dan berbagi cerita dengan sahabat adalah kebahagiaan paling sederhana

6. Kebahagiaan memang nggak bisa diukur dengan materi. Tapi, tentu senang saat kamu dapat rezeki dari hasil keringatmu sendiri

7. Dan kemudian kamu akan menyadari, kalau kebahagiaan yang sebenarnya adalah dengan mencintai dan mensyukuri diri sendiri


Jangan habiskan waktu untuk menggerutu ketidaksempurnaanmu. Kamu dilahirkan dengan memiliki kekurangan, pasti sepaket dengan kelebihannya. Daripada terus menerus mengeluh dan memimpikan hidup orang lain, tentu lebih baik untuk mensyukuri apa yang kamu punya.
Sadarilah, bahwa hidupmu saat ini adalah hidup yang jadi impian orang lain yang kurang beruntung di luar sana. Kamu berhak bahagia, dan mulailah dengan mencintai diri sendiri. Jangan mempersulit kebahagiaanmu sendiri dengan hal-hal yang sebenarnya jauh dari jangkauanmu.
"Ingat kebahagian itu sangatlah sederhana, jadi jangat mempersulit kebahagiaanmu"
Bahagia itu kamu yang menciptakan. Tidak melulu soal uang atau jabatan. Bahagia adalah bagaimana caramu menikmati hidup. Nikmati kebahagiaanmu sekalipun dengan cara yang sederhana.

sekali lagi, ingat bahagia itu sangat sederhana.
di mulai dari dirimu sendiri 
kenali dirimu , rubah dirimu
hiduplah dengan penuh syukur dan berterima kasih
setiap saat selalu mengisi diri dengan 12 kata dari jam kebahagiaan.
Bebaskan dirimu dari kilesa ( kekotoran batin ),
 lepaskan dirimu dari lobha, moha dan dosa.
menuju hidup yang selalu bahagia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hanya butuh 1 menit untuk membaca

kita tinggal di ?
kita hidup di ?
kita bisa makan karena ada ?
kita bisa minum karena ada ?
jawabannya adalah bumi ☺

Bumi yg indah ini penuh dengan berbagai pemandangan alam yg indah tetapi keindahannya tdk akan kita lihat lagi, jika keindahan itu kita rusak dan tidak kita jaga.

sama juga dengan berbagai hasil bumi dan sumber daya alam yg ada, jika tdk kita jaga dan hargai semuanya tentu juga akan hilang dan tdk akan bisa kita nikmati lagi.

oleh sebab itu kita harus saling mengingatkan supaya pikiran, ucapan dan perbuatan kita selalu terjaga dengan baik. kalau pikiran, ucapan dan perbuatan terjaga dengan baik tentu kebijaksanaan akan berkembang. Dengan begitu kebijaksanaan hati untuk menjaga bumi, merawat bumi tentu menjadi ada.

mari kita jaga bumi ini
dengan begitu kehidupan kita tetap bertahan ☺

☺ terima kasih sudah baca , like, berkomentar dan share

Pancadhamma

lima kewajiban kita

1. Menyayangi semua bentuk kehidupan ( Metta-karuna )
2. Suka berdana atau bersedekah
3. Berpuas hati
4. Berbicara Jujur
5. Menjaga penyadaran dengan tidak mencoba narkoba dan miras